Thursday, June 25, 2015

PGSD Jurusan Elit!

PGSD Jurusan Elit!

Ada banyak sekali jurusan atau program studi di perguruan tinggi. Sebagai contoh, di Universitas Airlangga ada 17 pilihan program studi untuk kelompok Saintek dan 17 jurusan untuk Soshum, jadi total ada 34 yang harus kita pilih. Saking banyaknya kita kadang kesulitan untuk memilih, berbeda sekali dengan di saat kita SMA yang hanya perlu memilih IPA, IPS atau Bahasa.

Di antara berbagai jurusan itu ada beberapa program studi yang dikatakan elit. PGSD adalah salah satunya. Mengapa? Pertama, karena jumlah peminatnya banyak dan yang kedua, tentu saja, persaingannya sulit.



Jumlah peminat di PGSD rata-rata lebih dari 2000 orang sekarang. Misal, situs resmi SBMPTN menyatakan bahwa di SBMPTN 2014 yang lalu, peminat PGSD di Universitas Negeri Semarang 3509 orang, di Universitas Negeri Surabaya 2083 orang, Universitas Negeri Makasar 4130 orang, Universitas Negeri Medan 4711, dan Universitas Negeri Jakarta 2091. Coba bandingkan dengan peminat Pendidikan Dokter di Universitas Indonesia yang berjumlah 2947 orang, Akutandi di Universitas Gajah Mada yang hanya 2672, Ilmu Hukum di Universitas Diponegoro yang banyaknya 3521 orang dan Manajemen di Universitas Hasanuddin yang totalnya 3928. Nah, dari jumlah peminat, jurusan PGSD setara dengan program studi-program studi itu. Jurusan elit tentunya.

Berbanding dengan jumlah peminatnya, maka tingkat persaingannya pun juga ketat. Bisa kalian bayangkan sendiri jika daya tampung hanya, misal, 30 kursi dan diperebutkan oleh, misal, 2500 anak. Artinya, 2470 anak lainnya tak diterima!

So, apa kesimpulan akhirnya? Bahwa jurusan PGSD bisa dibanggakan? Walau mungkin iya, tapi bukan itu poinnya. Tapi bahwa kalian yang masih duduk di bangku SMA dan ingin meneruskan ke PGSD harus belajar mati-matian, berusaha sekeras-kerasnya agar nanti bisa sampai finish dan duduk di kampus yang kalian inginkan. Ingat ini bukan lari jarak pendek 100m, ini marathon. Perjuangan kalian tidak hanya saat SNMPTN atau SBMPTN saja, akan tetapi mulai saat ini, sejak kalian masih kelas XI, atau bahkan X.

Bersemangatlah. PGSD adalah jurusan elit!
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Blogger Templates